2009年06月29日 (月)
2009年6月24日 Jawa Pos紙, Radar Solo版 1面に写真&7面
Ketika HMP Theater Jepang "Terprovokasi" untuk Pentas di Solo
Tanpa Referensi hanya Berbekal Promosi Teman Seniman

Ketika HMP Theater Jepang "Terprovokasi" untuk Pentas di Solo
Tanpa Referensi hanya Berbekal Promosi Teman Seniman

2009年06月27日 (土)
2009年6月26日コンパス紙(中部ジャワ版)
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/26/11082211/kolaborasi.jepang.dan.indonesia.
日本・インドネシアの共同制作
HMPシアター・カンパニーとテアートル・アヤット・インドネシアによる
「トラベラー」公演
日本女性5人、インドネシアの女性3人と男性2人が一列になって一緒に走る。すべてが混じり合い、ヒステリックな叫び声に溶けてゆく。あっという間に、この日本とインドネシアの10人は身に着けていた服を脱ぎ捨てる。
日本人女性5人は、黒い短ズボンと白いランニングシャツだけになり、インドネシアの女性は白い布を巻きつけており、男性は上半身裸になる。全員が1つに集まってひしめきあい、怯えながら、何かをじっと、声もなく見つめる。
これは「トラベラー」というタイトルの演劇の1シーンを抜き出してみたものだ。日本の大阪から来たHMPシアター・カンパニーと、ソロのテアートル・アヤット・インドネシアによるコラボレーションが、水曜(6月24日)夜に、ソロのドゥスン・マナハンと呼ばれるプンドポで上演された。この「トラベラー」という公演は、HMPシアター・カンパニーがソロに文化訪問して実現したもので、ジャワ舞踊を学ぶ日本女性の冨岡三智と、マタヤ・アート&ヘリテージがコーディネートしている。
「トラベラー」、すなわち旅人というものを通して、大阪の演出家である笠井友仁は、1人の人間が旅人となる情景をその場に生み出す。流刑地では、旅人は見る人であり自身が見られる人でもあるという、その境界に存在する。
いくつかの情景では、旅人が、ある次元から別の次元へと、たとえば日本からインドネシアへと、移る様を描いている。最初は、舞台の雰囲気は、あたかも主人口の旅人(高安美帆)が日本にいるかのようだ。長い黒色のコートと帽子を着て靴を履き、黒い鞄を持って、新聞を読んでバスや汽車を待っている。
真ん中のシーンで、旅人はインドネシアのとある街にいて、質問攻めのサービスをされるホテルに泊まり、クバヤ(ジャワの伝統衣装:訳者注)を着た女性が電車を押すのを見、田植えの祭りを見る。ダニス・スギヤントがリーダーを務めるジャワ音楽の伴奏が、次第に生き生きとしたものになる。
物語の最後で旅行者は捕えられ、収容所に入れられる。収容者は囲われ殺されるが、旅行者は収容所から抜け出す。
各シーンは足音で彩られ、旅行者と他の出演者たちはゆっくりと歩き、汽車の音が鳴り、バスに乗る。狐の嫁入りの描写は雰囲気を強めている。
旅行者のシーンのいくつかは楽しいもので、観客の笑いを誘う。たとえば、旅行者が新聞を読んでいる人を真似たり、雨のときにこっそり他人の傘に入り込んだり、収容所で服を脱いだりするときである。
初めての共演で練習も3日間だけであったが、大阪の芸術家とテアートル・アヤット・インドネシアのコラボレーションには惹きつけられた。友仁は、シーンや登場人物以外にも、日本とインドネシアでの「トラベラー」上演の違いはプンドポという空間にあると述べている。「通常はクローズドの劇場で上演するので、足音や呼吸の音がはっきりと聞こえます。」とのことだった。(文責:SONYA HELLEN SINOMBOR)
原文↓
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/26/11082211/kolaborasi.jepang.dan.indonesia.
日本・インドネシアの共同制作
HMPシアター・カンパニーとテアートル・アヤット・インドネシアによる
「トラベラー」公演
日本女性5人、インドネシアの女性3人と男性2人が一列になって一緒に走る。すべてが混じり合い、ヒステリックな叫び声に溶けてゆく。あっという間に、この日本とインドネシアの10人は身に着けていた服を脱ぎ捨てる。
日本人女性5人は、黒い短ズボンと白いランニングシャツだけになり、インドネシアの女性は白い布を巻きつけており、男性は上半身裸になる。全員が1つに集まってひしめきあい、怯えながら、何かをじっと、声もなく見つめる。
これは「トラベラー」というタイトルの演劇の1シーンを抜き出してみたものだ。日本の大阪から来たHMPシアター・カンパニーと、ソロのテアートル・アヤット・インドネシアによるコラボレーションが、水曜(6月24日)夜に、ソロのドゥスン・マナハンと呼ばれるプンドポで上演された。この「トラベラー」という公演は、HMPシアター・カンパニーがソロに文化訪問して実現したもので、ジャワ舞踊を学ぶ日本女性の冨岡三智と、マタヤ・アート&ヘリテージがコーディネートしている。
「トラベラー」、すなわち旅人というものを通して、大阪の演出家である笠井友仁は、1人の人間が旅人となる情景をその場に生み出す。流刑地では、旅人は見る人であり自身が見られる人でもあるという、その境界に存在する。
いくつかの情景では、旅人が、ある次元から別の次元へと、たとえば日本からインドネシアへと、移る様を描いている。最初は、舞台の雰囲気は、あたかも主人口の旅人(高安美帆)が日本にいるかのようだ。長い黒色のコートと帽子を着て靴を履き、黒い鞄を持って、新聞を読んでバスや汽車を待っている。
真ん中のシーンで、旅人はインドネシアのとある街にいて、質問攻めのサービスをされるホテルに泊まり、クバヤ(ジャワの伝統衣装:訳者注)を着た女性が電車を押すのを見、田植えの祭りを見る。ダニス・スギヤントがリーダーを務めるジャワ音楽の伴奏が、次第に生き生きとしたものになる。
物語の最後で旅行者は捕えられ、収容所に入れられる。収容者は囲われ殺されるが、旅行者は収容所から抜け出す。
各シーンは足音で彩られ、旅行者と他の出演者たちはゆっくりと歩き、汽車の音が鳴り、バスに乗る。狐の嫁入りの描写は雰囲気を強めている。
旅行者のシーンのいくつかは楽しいもので、観客の笑いを誘う。たとえば、旅行者が新聞を読んでいる人を真似たり、雨のときにこっそり他人の傘に入り込んだり、収容所で服を脱いだりするときである。
初めての共演で練習も3日間だけであったが、大阪の芸術家とテアートル・アヤット・インドネシアのコラボレーションには惹きつけられた。友仁は、シーンや登場人物以外にも、日本とインドネシアでの「トラベラー」上演の違いはプンドポという空間にあると述べている。「通常はクローズドの劇場で上演するので、足音や呼吸の音がはっきりと聞こえます。」とのことだった。(文責:SONYA HELLEN SINOMBOR)
原文↓
2009年06月26日 (金)
Hmp Theater Companyのインドネシア・ツアーより帰国しました。
ツアー日程は以下の通り。詳細はまた追ってアップします。
6月21日(日)関西空港→バリ→ジョグジャ、ソロ入り
予定では20日出発でしたが、ガルーダ航空のフライト日程変更のため21日発になりました。
6月22日(月)
12:00-14:00 バティック工場見学
14:00-19:30 練習
19:30-22:00 記者会見 /Kafe Rocket
6月23日(火)
14:00-19:00 練習
19:00-21:00 ソロ演劇関係者との語らい
6月24日(水)
13:00-15:00 練習
15:00-17:00 ゲネプロ
20:00- 公演 /Dusun Manahan
6月25日(木)
12:00-15:00 チャンディ・スクー見学
16:00 ソロ出発、ジョグジャ→バリ→
6月26日(金)
→関西空港着
ツアー日程は以下の通り。詳細はまた追ってアップします。
6月21日(日)関西空港→バリ→ジョグジャ、ソロ入り
予定では20日出発でしたが、ガルーダ航空のフライト日程変更のため21日発になりました。
6月22日(月)
12:00-14:00 バティック工場見学
14:00-19:30 練習
19:30-22:00 記者会見 /Kafe Rocket
6月23日(火)
14:00-19:00 練習
19:00-21:00 ソロ演劇関係者との語らい
6月24日(水)
13:00-15:00 練習
15:00-17:00 ゲネプロ
20:00- 公演 /Dusun Manahan
6月25日(木)
12:00-15:00 チャンディ・スクー見学
16:00 ソロ出発、ジョグジャ→バリ→
6月26日(金)
→関西空港着
2009年06月26日 (金)
2009年6月23日コンパス・コム(コンパス紙オンライン版)
http://oase.kompas.com/read/xml/2009/06/23/21204459/seniman.osaka.berkolaborasi.dengan.seniman.solo..
Seniman Osaka Berkolaborasi dengan Seniman Solo
/Selasa, 23 Juni 2009 | 21:20 WIB
大阪の役者がソロの役者とコラボレーション
翻訳は後ほど・・・とりあえず原文のみ
SOLO, KOMPAS.com- Pertama kali berkunjung ke Indonesia sudah membuat Kelompok Teater dari Osaka, Hmp Theater Company tertarik dengan seni budaya Indonesia . Salah satu kota di Indonesia yang menarik perhatian adalah Kota Solo, yang dinilai memiliki seni tradisi tetapi juga aktif di bidang seni kontemporer.
Hal ini diakui Sutradara Kasai Tomonori, yang sengaja datang berkunjung ke Indonesia bersama HmP Theater Company untuk menampilkan pentas teater, Rabu (24/6), di Dusun Manahan, Solo, Jateng. Keunikan Kota Solo mendorong seniman Osaka untuk berkolaborasi mementaskan teater.
Kunjungan budaya para seniman teater dari Osaka ini akan ditandai pentas teater berjudul Traveler yang akan dimainkan oleh lima gadis dari Osaka, yakni Naito Erika, Yamasaki Yurie, Usui Sayoko, Takayasi Miho, dan Kawachi Erina. Traveler adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.
Dalam karya Traveler ini kelima seniman Osaka ini akan berkolaborasi dengan tujuh seniman dari Institut Seni Indonesia Surakar ta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kendati baru pertama kali berkolaborasi dengan seniman Indonesia, dan sempat mengalami kendala bahasa, Kasai memastikan pentas Traveler akan menjadi tontotan yang menarik.
Menurut Tomonori, lewat Traveler pentas teater ini akan menampilkan sebuah cerita pendek tentang petualangan di tempat pengasingan. Pengalaman menyaksikan orang-orang yang dibunuh, serta hal-hal yang mistis akan ditampilkan dalam adegan-adegan gerak.
"Dalam adegan ini pemeran utama Takayasi Miho akan ditangkap dan dikirim di penjara yang diberi gas yang membuat orang meninggal. Namun dalam Traveler pemainnya tidak mati, tetapi hidup kembali," ujar Tomori.
"Waktu latihan memang ada kendala bahasa," ujar Tomonori yang didampingi pemandu kegiatan Michi Tomioka. Pentas kolaborasi ini digelar atas kerjasama Hmp Theater Company dan Mataya Arts & Heritage, dan Teater Ayat Indonesia.
Michi menegaskan, tujuan kunjungan budaya ini untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya, melalui pentas teater, selanjutnya untuk saling bertukar pengalaman, informasi dan saling mengapresiasi seni teater negara masing-masing.
Hmp Theater Company mendalami teknik- teknik Heiner Muller, menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "space", "body", dan "sounds"sebagai komponen utama pentasnya.
(SON)
http://oase.kompas.com/read/xml/2009/06/23/21204459/seniman.osaka.berkolaborasi.dengan.seniman.solo..
Seniman Osaka Berkolaborasi dengan Seniman Solo
/Selasa, 23 Juni 2009 | 21:20 WIB
大阪の役者がソロの役者とコラボレーション
翻訳は後ほど・・・とりあえず原文のみ
SOLO, KOMPAS.com- Pertama kali berkunjung ke Indonesia sudah membuat Kelompok Teater dari Osaka, Hmp Theater Company tertarik dengan seni budaya Indonesia . Salah satu kota di Indonesia yang menarik perhatian adalah Kota Solo, yang dinilai memiliki seni tradisi tetapi juga aktif di bidang seni kontemporer.
Hal ini diakui Sutradara Kasai Tomonori, yang sengaja datang berkunjung ke Indonesia bersama HmP Theater Company untuk menampilkan pentas teater, Rabu (24/6), di Dusun Manahan, Solo, Jateng. Keunikan Kota Solo mendorong seniman Osaka untuk berkolaborasi mementaskan teater.
Kunjungan budaya para seniman teater dari Osaka ini akan ditandai pentas teater berjudul Traveler yang akan dimainkan oleh lima gadis dari Osaka, yakni Naito Erika, Yamasaki Yurie, Usui Sayoko, Takayasi Miho, dan Kawachi Erina. Traveler adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.
Dalam karya Traveler ini kelima seniman Osaka ini akan berkolaborasi dengan tujuh seniman dari Institut Seni Indonesia Surakar ta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kendati baru pertama kali berkolaborasi dengan seniman Indonesia, dan sempat mengalami kendala bahasa, Kasai memastikan pentas Traveler akan menjadi tontotan yang menarik.
Menurut Tomonori, lewat Traveler pentas teater ini akan menampilkan sebuah cerita pendek tentang petualangan di tempat pengasingan. Pengalaman menyaksikan orang-orang yang dibunuh, serta hal-hal yang mistis akan ditampilkan dalam adegan-adegan gerak.
"Dalam adegan ini pemeran utama Takayasi Miho akan ditangkap dan dikirim di penjara yang diberi gas yang membuat orang meninggal. Namun dalam Traveler pemainnya tidak mati, tetapi hidup kembali," ujar Tomori.
"Waktu latihan memang ada kendala bahasa," ujar Tomonori yang didampingi pemandu kegiatan Michi Tomioka. Pentas kolaborasi ini digelar atas kerjasama Hmp Theater Company dan Mataya Arts & Heritage, dan Teater Ayat Indonesia.
Michi menegaskan, tujuan kunjungan budaya ini untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya, melalui pentas teater, selanjutnya untuk saling bertukar pengalaman, informasi dan saling mengapresiasi seni teater negara masing-masing.
Hmp Theater Company mendalami teknik- teknik Heiner Muller, menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "space", "body", dan "sounds"sebagai komponen utama pentasnya.
(SON)
2009年06月26日 (金)
2009年6月20日コンパス紙
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/20/04394216/langkan
Pentas Teater Kolaborasi Seniman Osaka dan Solo
大阪とソロの役者によるコラボレーション演劇公演
大阪の演劇集団 エイチ・エム・ピー シアター カンパニー(Hmp Theater Company) が,来週ソロ市を訪れる。ソロや他地域の演劇人との交流以外に、「トラベラー(Traveler)」というタイトルの公演を2009年6月24日 中部ジャワ州ソロ市のドゥスン・マナハン (Dusun Manahan)にて行う。この事業のコーディネーターは冨岡三智で、 大阪から金曜(6/19)に送られてきたメールによれば、「トラベラー」は大阪の役者とソロの役者、音楽家とのコラボレーション公演である。これはエイチ・エム・ピー シアター カンパニー、マタヤ・アート&ヘリテージ(Mataya Arts & Heritage)、ドゥスン・マナハン、そしてテアートル・アヤット・インドネシア(Teater Ayat Indonesia)との共同事業であり、公演では、テアートル・アヤット・インドネシアがコラボレートする。(SON)
原文↓
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/20/04394216/langkan
Pentas Teater Kolaborasi Seniman Osaka dan Solo
大阪とソロの役者によるコラボレーション演劇公演
大阪の演劇集団 エイチ・エム・ピー シアター カンパニー(Hmp Theater Company) が,来週ソロ市を訪れる。ソロや他地域の演劇人との交流以外に、「トラベラー(Traveler)」というタイトルの公演を2009年6月24日 中部ジャワ州ソロ市のドゥスン・マナハン (Dusun Manahan)にて行う。この事業のコーディネーターは冨岡三智で、 大阪から金曜(6/19)に送られてきたメールによれば、「トラベラー」は大阪の役者とソロの役者、音楽家とのコラボレーション公演である。これはエイチ・エム・ピー シアター カンパニー、マタヤ・アート&ヘリテージ(Mataya Arts & Heritage)、ドゥスン・マナハン、そしてテアートル・アヤット・インドネシア(Teater Ayat Indonesia)との共同事業であり、公演では、テアートル・アヤット・インドネシアがコラボレートする。(SON)
原文↓
2009年06月17日 (水)
日本側は私、インドネシア側は私が昨年島根に招聘したマタヤによるコーディネートで、大阪を拠点とする劇団エイチ・エム・ピー(Hmp)がインドネシア・ソロ市公演をいたします。2005年初演のオリジナル作品「Traveler」をひっさげていきますが、現地の役者や音楽家も参加して「Traveler・インドネシア版」を作り上げます。
会場となるDusun Manahanは、ソロ市中央部のマナハン地区にある、さる実業家の邸宅内のプンドポです。劇場専用の建物ではありません。今回、ご好意によりお借りすることができました。1999年の結成以来ハムレット・マシーンに取り組んできたHmpが、プンドポというジャワの伝統空間、ジャワの人々とどのように格闘するのか、乞うご期待!

日時: 2009年6月24日(水)20:00~
会場: Dusun Manahan (写真右)
住所: Jl. Menteri Supeno 20, Manahan, Solo, Jawa Tengah
入場料: 無料(カンパ歓迎)
問い合わせ: メールにて冨岡まで
またはinfomataya@yahoo.com (英語またはインドネシア語)まで
●Hmp Theater Company
題名: Traveler
原作: フランツ・カフカ「流刑地にて」
構成・演出: 笠井友仁
出演: 臼井沙代子、 高安美帆、川内絵里奈、山崎祐利栄、乃沓エリカ
仮面製作: 土井のり子
音楽: obscure film
コーディネータ: 冨岡三智
●インドネシア側
共演: Teater Ayat Indonesia
音楽: Danis Sugiyanto
コーディネータ: MATAYA art & heritage
ポスターデザイン: danial madrim
___________________
以下はインドネシア語のプレス・リリースです。
Press Release
Pentas HMP Theatre Company
Solo, 24 Juni 2009
Hmp Theater Company, kelompok teater dari Osaka, Jepang, melakukan kunjungan budaya ke Solo dalam bentuk pentas teater pada 24 Juni 2009 . Tujuan kunjungan budaya ini adalah untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam bentuk pentas teater, untuk saling bertukar pengalaman, bertukar informasi dan saling mengapresiasi seni teater. Dalam programnya ini, HMP Theatre Company bekerja sama dengan Mataya arts&heritage sebagai partner jejaring kerja dan juga pihak penyelenggara, serta bekerjasama dengan Dusun Manahan dan Teater Ayat Indonesia. Dalam pentasnya nanti HMP Teater Company akan berkolaborasi dengan Teater Ayat Indonesia.
HMP Theatre Company mendalami teknik-teknik Heiner Muller menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya.
Kami mengundang segenap pecinta seni teater untuk hadir menyaksikan pentas HMP Theatre Company dalam karyanya berjudul ’TRAVELER’ pada:
24 Juni 2009, pk. 20.00 wib
bertempat di Dusun Manahan
Jl. Menteri Supeno 20, Manahan
Solo, Jawa Tengah
’Traveler’ adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.
Crew
Kasai Tomonori, art director; Naito Erika, pemain; Yamasaki Yurie, pemain; Usui Sayoko, pemain; Takayasi Miho, pemain; Kawachi Erina, pemain; Michi Tomioka, tour manager
Profile HMP Theatre Company
Hmp Theater Company didirikan oleh saudara Tomohito Kasai dengan temannya pada tahun 1999 waktu mereka masih mahasiswa S1 Kinki University, untuk mementaskan drama “Hamlet Machine” oleh Heiner Muller, sutradara dari Jerman. Sejak itu, mereka mementaskan banyak karya Heiner Muller dan mendalami teknik Heiner Muller. Grup ini menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya. Tomohito Kasai, sutradara Hmp Thetater Company, memperoleh prize (juara) karena gaya penyutradaraannya yang khas dari Asosiasi Sutradara Jepang pada tahun 2005 dalam karyanya berjudul ’Traveler’. Dia juga pernah mendapat nominasi Performing Arts Award 2007 dari Kyoto Art Centre pada 2007. Pada 2008, nama ”hmp’ berubah menjadi ’hmp theater company’ berbasis di Irori Mura, Nakazaki-cho, Osaka. (http://www.hmp-theater.com)
Contact person:
MATAYA art & heritage http://mataya-indonesia.org/
Email: infomataya@yahoo.com
会場となるDusun Manahanは、ソロ市中央部のマナハン地区にある、さる実業家の邸宅内のプンドポです。劇場専用の建物ではありません。今回、ご好意によりお借りすることができました。1999年の結成以来ハムレット・マシーンに取り組んできたHmpが、プンドポというジャワの伝統空間、ジャワの人々とどのように格闘するのか、乞うご期待!


日時: 2009年6月24日(水)20:00~
会場: Dusun Manahan (写真右)
住所: Jl. Menteri Supeno 20, Manahan, Solo, Jawa Tengah
入場料: 無料(カンパ歓迎)
問い合わせ: メールにて冨岡まで
またはinfomataya@yahoo.com (英語またはインドネシア語)まで
●Hmp Theater Company
題名: Traveler
原作: フランツ・カフカ「流刑地にて」
構成・演出: 笠井友仁
出演: 臼井沙代子、 高安美帆、川内絵里奈、山崎祐利栄、乃沓エリカ
仮面製作: 土井のり子
音楽: obscure film
コーディネータ: 冨岡三智
●インドネシア側
共演: Teater Ayat Indonesia
音楽: Danis Sugiyanto
コーディネータ: MATAYA art & heritage
ポスターデザイン: danial madrim
___________________
以下はインドネシア語のプレス・リリースです。
Press Release
Pentas HMP Theatre Company
Solo, 24 Juni 2009
Hmp Theater Company, kelompok teater dari Osaka, Jepang, melakukan kunjungan budaya ke Solo dalam bentuk pentas teater pada 24 Juni 2009 . Tujuan kunjungan budaya ini adalah untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam bentuk pentas teater, untuk saling bertukar pengalaman, bertukar informasi dan saling mengapresiasi seni teater. Dalam programnya ini, HMP Theatre Company bekerja sama dengan Mataya arts&heritage sebagai partner jejaring kerja dan juga pihak penyelenggara, serta bekerjasama dengan Dusun Manahan dan Teater Ayat Indonesia. Dalam pentasnya nanti HMP Teater Company akan berkolaborasi dengan Teater Ayat Indonesia.
HMP Theatre Company mendalami teknik-teknik Heiner Muller menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya.
Kami mengundang segenap pecinta seni teater untuk hadir menyaksikan pentas HMP Theatre Company dalam karyanya berjudul ’TRAVELER’ pada:
24 Juni 2009, pk. 20.00 wib
bertempat di Dusun Manahan
Jl. Menteri Supeno 20, Manahan
Solo, Jawa Tengah
’Traveler’ adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.
Crew
Kasai Tomonori, art director; Naito Erika, pemain; Yamasaki Yurie, pemain; Usui Sayoko, pemain; Takayasi Miho, pemain; Kawachi Erina, pemain; Michi Tomioka, tour manager
Profile HMP Theatre Company
Hmp Theater Company didirikan oleh saudara Tomohito Kasai dengan temannya pada tahun 1999 waktu mereka masih mahasiswa S1 Kinki University, untuk mementaskan drama “Hamlet Machine” oleh Heiner Muller, sutradara dari Jerman. Sejak itu, mereka mementaskan banyak karya Heiner Muller dan mendalami teknik Heiner Muller. Grup ini menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya. Tomohito Kasai, sutradara Hmp Thetater Company, memperoleh prize (juara) karena gaya penyutradaraannya yang khas dari Asosiasi Sutradara Jepang pada tahun 2005 dalam karyanya berjudul ’Traveler’. Dia juga pernah mendapat nominasi Performing Arts Award 2007 dari Kyoto Art Centre pada 2007. Pada 2008, nama ”hmp’ berubah menjadi ’hmp theater company’ berbasis di Irori Mura, Nakazaki-cho, Osaka. (http://www.hmp-theater.com)
Contact person:
MATAYA art & heritage http://mataya-indonesia.org/
Email: infomataya@yahoo.com
| ホーム |