FC2ブログ
 
ソロ・バティック・カーニバルのお知らせ
バティックの町ソロでのバティック関係のイベントのお知らせです。

PRESS RELEASE: SOLO BATIK CARNIVAL 2008
Carnival is togethernes
Batik is live, solo is batik

Poster Solo Batik Carnival 2008
ポスター

ソロの市役所(balai kota)のプンドポにおいて








Citra kota Solo sebagai salah satu kota wisata dan kota budaya di Indonesia yang telah mengalami berbagai krisis multidimensional dalam perjalanan pertumbuhan kotanya, tentu mendambakan susatu kondisi kota yang damai dan berbudaya. Solo melahirkan tradisi batik yang terkenal dengan sebutan Batik Solo. Dalam perjalanan kulturalnya, Batik Solo ini menjadi salah satu akar pertumbuhan tradisi batik nusantara.

Untuk mengakselerasi pertumbuhan dan citra Kota Solo sebagai Kota Batik di tingkat nasional maupun internasional, Kota Solo pada 12 April 2008: Royal Dinner dan pencanangan program Solo Batik Carnival 2008 serta peragaan 100 peserta Indoor Solo Batik Carnival di Pura Mangkunegaran, pk. 19.00 – 21.00 wib; dan pada 13 April 2008 mengadakan Solo Batik Carnival dengan rute mulai dari Solo Center Point (Purwosari, Jl. Slamet Riyadi) dan berakhir di Balaikota Pemkot Surakarta (Jl. Jend. Sudirman). Pada pukul 14.00 wib – selesai. Menurut sejarahnya , pada abad ke-19 di kawasan sepanjang Jl. Slamet Riyadi ini disebut jalan Wihelminaan, yang membagi kota Surakarta menjadi dua – sebelah utara menjadi komplek Belanda dan selatan menjadi komplek Keraton. Jalan inilah yang seolah – olah menjadi ' pembelah ' kota Surakarta. Dengan dibukanya jalan menuju Semarang, terjadi pertumbuhan ekonomi dan kultural pada masyarakat Solo. Sejak itu keberagaman etnis, tradisi dan kesenian tumbuh dimasyarakat wilayah utara dan selatan kota.

Solo Batik Carnival (SBC) adalah suatu karnaval yang berbasis masyarakat dengan menggunakan batik, local genius kota Solo, sebagai sumber ide dasar dan spirit kreativitas masyarakat, yang selaras dengan Kota Solo – ' Solo, the Spirit of Java '. Berharap karnaval ini akan lebih mendekatkan masyarakat Solo terhadap kearifan lokal kotanya dan mencintai pertumbuhan kotanya yang makin plural dan multikultural. Oleh karena itu, untuk mematangkan kualitas karnaval, peserta telah mengikuti worksop costume, dance, dan runway yang dipandu oleh Jember Fashion Carnival pada tanggal 16 Maret 2008 dan dilanjutkan pada tanggal 29 dan 30 Maret 2008 untuk menggali kreativitas dan memahami i apa esensi karnaval itu. Sekitar 500 orang peserta dari berbagai lapisan masyarakat Solo ( Siswa/i SMU/K organisasi profesi, organisasi kebudayaan, organisasi swasta dan BUMN, institusi pemerintah dan swasta, grup kesenian, para individu dan sebagainya ). Acara karnaval pk. 14.00 - selesai, rute: Solo Center Point (Purwosari) menuju Balaikota Pemkot Surakarta.

Adapun acara pendamping Solo Batik Carnival adalah Srawung Batik, suatu pameran batik dan ragam produk handicraft yang diikuti oleh UKM-UKM batik dan handicraft dari Kota Solo. Srawung Batik ini bertujuan untuk merekatkan hubungan perajin-perajin batik, para UKM batik dan UKM handicraft batik dengan konsumen, memberdayakan ekonomi kerakyatan Kota Solo serta mengkokohkan Kota Solo sebagai Kota Batik. Pameran ini akan digelar di sepanjang city walk Jl. Slamet Riyadi, pk. 08.00-16.00 wib, dari Purwosari-Ndalem Wuryaningratan. Program karnaval inii diselenggarakan oleh Solo Center Point ( SCP ) Foundation dan Pemkot Surakarta.

HERU PRASETYA
Direktur Program Solo Batik Carnival