FC2ブログ
 
6/24 Hmp インドネシア・ソロ公演
日本側は私、インドネシア側は私が昨年島根に招聘したマタヤによるコーディネートで、大阪を拠点とする劇団エイチ・エム・ピー(Hmp)がインドネシア・ソロ市公演をいたします。2005年初演のオリジナル作品「Traveler」をひっさげていきますが、現地の役者や音楽家も参加して「Traveler・インドネシア版」を作り上げます。

会場となるDusun Manahanは、ソロ市中央部のマナハン地区にある、さる実業家の邸宅内のプンドポです。劇場専用の建物ではありません。今回、ご好意によりお借りすることができました。1999年の結成以来ハムレット・マシーンに取り組んできたHmpが、プンドポというジャワの伝統空間、ジャワの人々とどのように格闘するのか、乞うご期待!

Poster_MPH - コピー  dusun_manahan_night_rear - コピー

日時: 2009年6月24日(水)20:00~
会場: Dusun Manahan (写真右)
住所: Jl. Menteri Supeno 20, Manahan, Solo, Jawa Tengah
入場料: 無料(カンパ歓迎)


問い合わせ: メールにて冨岡まで
またはinfomataya@yahoo.com (英語またはインドネシア語)まで

Hmp Theater Company
題名: Traveler
原作: フランツ・カフカ「流刑地にて」
構成・演出: 笠井友仁
出演: 臼井沙代子、 高安美帆、川内絵里奈、山崎祐利栄、乃沓エリカ
仮面製作: 土井のり子
音楽: obscure film
コーディネータ: 冨岡三智

インドネシア側
共演: Teater Ayat Indonesia
音楽: Danis Sugiyanto
コーディネータ: MATAYA art & heritage
ポスターデザイン: danial madrim

___________________
以下はインドネシア語のプレス・リリースです。
Press Release
Pentas HMP Theatre Company
Solo, 24 Juni 2009


Hmp Theater Company, kelompok teater dari Osaka, Jepang, melakukan kunjungan budaya ke Solo dalam bentuk pentas teater pada 24 Juni 2009 . Tujuan kunjungan budaya ini adalah untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam bentuk pentas teater, untuk saling bertukar pengalaman, bertukar informasi dan saling mengapresiasi seni teater. Dalam programnya ini, HMP Theatre Company bekerja sama dengan Mataya arts&heritage sebagai partner jejaring kerja dan juga pihak penyelenggara, serta bekerjasama dengan Dusun Manahan dan Teater Ayat Indonesia. Dalam pentasnya nanti HMP Teater Company akan berkolaborasi dengan Teater Ayat Indonesia.

HMP Theatre Company mendalami teknik-teknik Heiner Muller menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya.

Kami mengundang segenap pecinta seni teater untuk hadir menyaksikan pentas HMP Theatre Company dalam karyanya berjudul ’TRAVELER’ pada:
24 Juni 2009, pk. 20.00 wib
bertempat di Dusun Manahan
Jl. Menteri Supeno 20, Manahan
Solo, Jawa Tengah

’Traveler’ adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.

Crew
Kasai Tomonori, art director; Naito Erika, pemain; Yamasaki Yurie, pemain; Usui Sayoko, pemain; Takayasi Miho, pemain; Kawachi Erina, pemain; Michi Tomioka, tour manager

Profile HMP Theatre Company
Hmp Theater Company didirikan oleh saudara Tomohito Kasai dengan temannya pada tahun 1999 waktu mereka masih mahasiswa S1 Kinki University, untuk mementaskan drama “Hamlet Machine” oleh Heiner Muller, sutradara dari Jerman. Sejak itu, mereka mementaskan banyak karya Heiner Muller dan mendalami teknik Heiner Muller. Grup ini menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "Space", "Body", "Sounds", sebagai komponen utama pentasnya. Tomohito Kasai, sutradara Hmp Thetater Company, memperoleh prize (juara) karena gaya penyutradaraannya yang khas dari Asosiasi Sutradara Jepang pada tahun 2005 dalam karyanya berjudul ’Traveler’. Dia juga pernah mendapat nominasi Performing Arts Award 2007 dari Kyoto Art Centre pada 2007. Pada 2008, nama ”hmp’ berubah menjadi ’hmp theater company’ berbasis di Irori Mura, Nakazaki-cho, Osaka. (http://www.hmp-theater.com)

Contact person:
MATAYA art & heritage http://mataya-indonesia.org/
Email: infomataya@yahoo.com