FC2ブログ
 
6/23 Hmp公演予告(コンパス紙・オンライン版)
2009年6月23日コンパス・コム(コンパス紙オンライン版)
http://oase.kompas.com/read/xml/2009/06/23/21204459/seniman.osaka.berkolaborasi.dengan.seniman.solo..

Seniman Osaka Berkolaborasi dengan Seniman Solo
/Selasa, 23 Juni 2009 | 21:20 WIB

大阪の役者がソロの役者とコラボレーション


翻訳は後ほど・・・とりあえず原文のみ

SOLO, KOMPAS.com- Pertama kali berkunjung ke Indonesia sudah membuat Kelompok Teater dari Osaka, Hmp Theater Company tertarik dengan seni budaya Indonesia . Salah satu kota di Indonesia yang menarik perhatian adalah Kota Solo, yang dinilai memiliki seni tradisi tetapi juga aktif di bidang seni kontemporer.

Hal ini diakui Sutradara Kasai Tomonori, yang sengaja datang berkunjung ke Indonesia bersama HmP Theater Company untuk menampilkan pentas teater, Rabu (24/6), di Dusun Manahan, Solo, Jateng. Keunikan Kota Solo mendorong seniman Osaka untuk berkolaborasi mementaskan teater.

Kunjungan budaya para seniman teater dari Osaka ini akan ditandai pentas teater berjudul Traveler yang akan dimainkan oleh lima gadis dari Osaka, yakni Naito Erika, Yamasaki Yurie, Usui Sayoko, Takayasi Miho, dan Kawachi Erina. Traveler adalah karya yang pernah mendapat penghargaan dari Asosiasi Sutradara Jepang pada 2005.

Dalam karya Traveler ini kelima seniman Osaka ini akan berkolaborasi dengan tujuh seniman dari Institut Seni Indonesia Surakar ta dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kendati baru pertama kali berkolaborasi dengan seniman Indonesia, dan sempat mengalami kendala bahasa, Kasai memastikan pentas Traveler akan menjadi tontotan yang menarik.

Menurut Tomonori, lewat Traveler pentas teater ini akan menampilkan sebuah cerita pendek tentang petualangan di tempat pengasingan. Pengalaman menyaksikan orang-orang yang dibunuh, serta hal-hal yang mistis akan ditampilkan dalam adegan-adegan gerak.

"Dalam adegan ini pemeran utama Takayasi Miho akan ditangkap dan dikirim di penjara yang diberi gas yang membuat orang meninggal. Namun dalam Traveler pemainnya tidak mati, tetapi hidup kembali," ujar Tomori.

"Waktu latihan memang ada kendala bahasa," ujar Tomonori yang didampingi pemandu kegiatan Michi Tomioka. Pentas kolaborasi ini digelar atas kerjasama Hmp Theater Company dan Mataya Arts & Heritage, dan Teater Ayat Indonesia.

Michi menegaskan, tujuan kunjungan budaya ini untuk berinteraksi dengan seniman-seniman teater di Solo pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya, melalui pentas teater, selanjutnya untuk saling bertukar pengalaman, informasi dan saling mengapresiasi seni teater negara masing-masing.

Hmp Theater Company mendalami teknik- teknik Heiner Muller, menerapkan konsep yang unik dan berbeda pada tiap pertunjukannya, terutama menggunakan "space", "body", dan "sounds"sebagai komponen utama pentasnya.

(SON)